Home / Mata Hukum / Anggota Polisi dikeroyok Sejumlah Oknum Pemuda Pancasila Saat Berdemo di Depan Gedung DPR-MPR

Anggota Polisi dikeroyok Sejumlah Oknum Pemuda Pancasila Saat Berdemo di Depan Gedung DPR-MPR

Matanews.id, Jakarta – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ormas Pemuda Pancasila berujung ricuh terlihat dalam video yang beredar sejumlah oknum ormas Pemuda Pancasila diduga memukuli anggota polisi yang sedang mengamankan aksi unjuk rasa tersebut di depan gedung DPR-MPR.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo telah membenarkan adanya kejadian ini. Namun dia belum menjelaskan kronologinya.

“Ya benar Kabag Ops terluka,” kata Sambodo saat dikonfirmasi, Kamis (25/11/2021).

Aksi demontrasi yang dilakukan ormas Pemuda Pancasila ini menuntut permintaan maaf dari wakil ketua komisi II DPR RI Junimart Girsang yang mana sebelumnya diketahui Junimart Girsang mendesak Kementrian Dalam Negeri untuk segera menertibkan sejumlah ormas termasuk Pemuda Pancasila yang menurutnya kerap terlibat bentrokan serta meresahkan masyarakat.

Dari pantauan terlihat Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi angkat bicara untuk membubarkan massa Pemuda Pancasila dengan berdiri diatas mobil Komando.

“Saya mohon perhatian, yang saat ini sedang menyampaikan pendapat. Ingat rekan rekan hak saudara dibatasi oleh kewajiban, kewajiban menaati peraturan yang berlaku,” kata Kombes Pol Hengki Haryadi di lokasi, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya polisi berupaya membubarkan massa Pemuda Pancasila yang sedang demontrasi tersebut, namun saat unjuk rasa berlangsung terjadi pengeroyokan serta pemukulan juga pengejaran yang dilakukan sejumlah oknum ormas Pemuda Pancasila terhadap anggota kepolisian yang sedang bertugas.

“Perwira kami, AKBP dikeroyok luka luka apalah itu tujuan rekan rekan datang ke mari? Melawan kami mengeroyok kami yang mengamankan rekan rekan,” tuturnya.

Ia mengatakan, koordinator dari massa PP harus bertanggungjawab atas kejadian pengeroyokan tersebut. Pasalnya hal tersebut merupakan tindakan melawan hukum.

“Saya minta pimpinan aksi ini bertanggung jawab. Perwira menengah dikeroyok padahal beliau mengamankan kegiatan ini. Sekali lagi saya minta koordinator kegiatan ini segera menyerahkan, jangan aksi rekan dinodai dengan kegiatan yang justru melawan hukum,” tuturnya.

“Kami yang melayani rekan rekan, mengamankan justru dipukuli di keroyok,” sambungnya.

Mirisnya anggota polisi yang diduga dipukuli tersebut adalah seorang Perwira Polri yakni AKBP Dermawan Karosekali, atas pemukulan tersebut AKBP Dermawan Karosekali mengalami luka dibagian kepala, dan dilarikan ke RS untuk mendapatkan perawatan.

Atas kejadian yang tersebut Hengki meminta kepada massa yang menjadi saksi bisa menyerahkan diri.

“Saya minta tadi saksi yang melihat menyerahkan, hukum harus ditegakkan. Saya sebagai penanggung jawab wilayah keamanan, di depan DPR ini jujur saja saya miris. Saya bersahabat dengan ketua PP jakpus, tapi justru anggota kami dianiaya oleh rekan rekan sendiri. Saya minta diserahkan atau kami kejar,” tutupnya.

Kini pihak Polda Metro Jaya telah mengamankan belasan orang dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang melihat pengeroyokan tersebut. (red)

About Matanews.id

Check Also

Golkar Unggul, Airlangga Masih Jadi Capres Pilihan Rakyat

Matanews.id, Jakarta – Warna Research Center kembali melakukan hasil jajak Pendapat tentang Warna Masyarakat tentang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *