Home / Mata Daerah / Percasi Apresiasi Turnamen Catur Rosano Cup 1, Walau Perdana Jadi Kiblat Percaturan Di Kepri

Percasi Apresiasi Turnamen Catur Rosano Cup 1, Walau Perdana Jadi Kiblat Percaturan Di Kepri

Matanews.id, Batam-Kepri – Wakil Ketua Jodi Simanjuntak dan Sekretaris Percasi Kota Batam menyambut baik serta mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dan persiapan turnamen Catur Rosano Cup I.

Hal tersebut diungkap Wakil Ketua Percasi, Jodi Simanjuntak saat rapat tekhnis bersama Tim R selaku panitia turnamen. Selasa (26/07/2022).

“Hadiah utama $1000 Singapura yang diinisiasi Pak Rosano ini menjadi sejarah di tingkat lokal dengan hadiah terbesar di Provinsi Kepri”, kata Jodi.

Jodi mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam kepanitiaan Turnamen Catur Rosano Cup 1, khususnya sebagai wasit yang akan mengatur jalannya pertandingan.

Menjelaskan pertandingan ini menggunakan Sistem Swiss manager 6 babak, sehingga penentuan juara dilakukan melalui:

  • Match point atau poin tertinggi

  • Head to head adalah hasil ketika berhadapan

  • Buchholz/solkoff adalah jumlah poin lawan lawan yang pernah dihadapi

  • Sonneborn-berger adalah jumlah poin dari lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang ditahan remis

  • Progressive scor yakni jumlah nilai perorangan seluruh babak.

“Sistem Swiss, tidak ada sistem gugur tetapi setiap pemain berupaya mengumpulkan poin tertinggi untuk menjadi juara,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa pemain yang menang di setiap babak akan memperoleh poin 1, kemudian pemain yang remis atau seri akan memperoleh poin 1/2 dan pemain yang kalah tidak memperoleh poin.

Dan setiap babaknya, lanjut penyandang master ini, akan menggunakan waktu satu jam. Sehingga pemenang pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kepiawaian bermain catur, tetapi juga bagaimana menggunakan waktu 60 menit yang disiapkan.

“Dengan diadakannya turnamen ini akan banyak bermunculan penggiat catur kedepannya, saya mengapresiasi turnamen Catur ini atas inisiasi Pak Rosano”. Katanya. (Dum)

About Matanews.id

Check Also

Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di Probolinggo

Matanews.id, Probolinggo – Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi bersama Forkopimda Kabupaten Probolinggo menghadiri Upacara ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: