Home / Mata Daerah / Turnamen Catur Rosano Cup I, Mulai Dari Warung Kopi Sampai Filosofi

Turnamen Catur Rosano Cup I, Mulai Dari Warung Kopi Sampai Filosofi

Matanews, Batam-Kepri – Dalam rangka mematangkan persiapan pelaksanaan kegiatan dan persiapan Turnamen Catur Rosano Cup I. Tim R selaku Panitia melaksanakan rapat tekhnis guna mensukseskan acara. Selasa (26/07/2022) di Puas Hati.

Rapat yang dipimpin oleh pendiri Tim R Achmad Rosano membahas terkait teknis persiapan dari masing-masing seksi. Digelarnya rapat teknis ini kata Rosano adalah untuk membahas persiapan, mematangkan dan pemantapan.

“Makanya pada hari ini kita adakan Rapat Teknis Persiapan (RTP) membahas hal hal teknis, seperti verifikasi peserta yang akan bertanding serta agenda tekhnikal meeting, harapannya pelaksanaan catur nanti dapat berjalan dengan aman, lancar dan tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan”, kata Rosano.

Semua peserta yang sudah terdaftar, lanjut Rosano nantinya harus melalui verifikasi review Tim R.

“Dari rapat tadi persiapan dari panitia Tim R sudah matang seratus persen, oleh karenanya para peserta harus mempersiapkan diri masing-masing guna merebut Hadiah $1000 Singapura”, imbuhnya.

Dijelaskan Rosano, Catur menjadi salah satu olahraga yang mengandalkan keterampilan otak, untuk memahami kondisi serta menyusun strategi agar lawan kalah.

Dari segi permainan, catur merupakan wahana bermain yang dapat mengolah kontrol emosi. Sehingga cocok untuk dimainkan lintas usia mulai dari pemain muda hingga usia tua.

Selain itu, catur merupakan permainan yang sangat sederhana, sangat mudah dimainkan dan ditemui di sekitar lingkungan masyarakat pada umumnya, seperti halnya dapat ditemui di warung kopi tempat yang umum dijadikan tempat bertemu dan saling mengobrol.

Dengan mengandalkan kedalaman berfikir dan kesabaran seseorang untuk memahami kondisi dan merancang strategi. Catur memiliki ikatan erat dengan filosofi, karena mampu mengasah ketajaman akal dan budi.

Berikut ini filosofi dalam permainan catur menurut Rosano :

Tentang melangkah

“Meskipun pion memiliki ukuran kecil, tapi langkahnya terus maju dan tidak pernah mundur.”

Hal ini menunjukan bahwa keberanian dan tekad sama sekali tidak diukur dari bentuk fisik saja.

Jika memiliki tekad yang kuat, manfaatkan kelemahan jadi kekuatan dan majulah ke depan.

Setiap langkah yang diambil, akan menentukan bagaimana situasi ke depan.

Segala keputusan merupakan titik awal yang akan mengakibatkan perubahan situasi setelahnya.

Untuk itu, perlu sikap bijaksana dalam langkah dan keputusan untuk menghindari risiko buruk ke depannya.

“Biarpun melangkah di kotak hitam atau kotak putih, pasti selalu ada konsekuensi dalam setiap pilihan”,ucapnya.

Setiap pilihan pasti memiliki manfaat dan resiko tersendiri. Entah itu hasilnya baik atau buruk, yang pasti harus memiliki keputusan untuk melangkah.

Kematian dan kegagalan

“Raja bisa mati dengan bidak apapun milik lawan, bahkan sebuah pion kecil berpotensi membunuh raja yang dilindungi seluruh pasukan.”

Filosofi yang dapat diambil adalah kegagalan bisa menimpa seseorang. Entah itu berasal dari masalah besar atau kecil, yang pasti perlu memiliki kebijaksanaan dalam menghadapi setiap masalah dan jangan meremehkan hal kecil.

Pola jalan merupakan gambaran pola kerja

“Banteng berjalan lurus, gajah berjalan miring, ratu bisa ke segala arah, namun hanya kuda yang mampu melompat.”

Setiap orang, sepenting apapun posisinya, Ia memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ada hal yang dapat dia lakukan, ada yang tak kuasa dia lawan.

Namun untuk menjadikannya strategi yang harmonis perlu kerjasama dan kekompakan untuk saling melindungi dan mewujudkan kemenangan.

Kerja Sama

Saat bermain catur, semua bidak menunjukkan kerja sama yang kompak untuk mencapai kemenangan dan kesuksesan sesuai dengan fungsi, kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kerja sama juga penting dalam kehidupan nyata, terlebih lagi manusia merupakan makhluk sosial.

Setiap manusia harus saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidup.

Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan faktor terpenting dalam catur. Setiap pemain merupakan pemimpin dari 16 bidak catur yang ada di papan catur.

Setiap pemain yang memimpin bidak catur tentu harus menguasai serta memikirkan setiap langkah yang akan diambil. Tujuannya adalah agar bisa memenangkan permainan.

Sama halnya dalam kehidupan, setiap pemimpin mesti bijak dalam mengambil keputusan.

Lalu, agar keputusan yang diambil tidak merugikan setiap orang.

Sosok yang Sangat Berharga

Sosok Yang Sangat Berharga- Seperti bidak Ratu tadi, Ratu adalah bidak yang bisa berjalan kemana saja walaupun juga tak bisa jalan seperti kuda.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti ada sosok yang sangat berharga buat kita, baik itu orang-orang yang ada dihati kita, orang yang ada ditempat kerja kita, maupun sahabat dan teman-teman kita.

Yang mana tanpa kehadiran mereka seolah kita merasa kurang bersemangat dan peluang kemungkinan berhasil itu kecil.

Untuk itu jaga dan sayangilah sosok yang paling berharga tersebut agar tidak ada penyesalan dikemudian waktu dan semoga hari-harimu senantiasa dipenuhi rasa semangat.

Menang dan kalah

“Kemenangan dan kekalahan dalam sebuah permainan, tak pernah lepas dari strategi dan pengalaman.”

Prinsip moral dasar permainan

“Pelajaran yang paling utama untuk meraih kemenangan adalah ketajaman akal. Tetapi untuk memperoleh kualitas permainan, dibutuhkan kesabaran.”

Kehidupan harus terarah dengan ketajaman akal dan strategi. Namun, jangan lupa bahwa pentingnya kesabaran dan kekuatan moral yang dapat menentukan kualitas kehidupan”, tutup Rosano.

Even yang akan digelar pada Sabtu (06/08/2022) mendatang akan diikuti 64 peserta dari kalangan Aktivis (LSM, Ormas, OKP, dan Paguyuban) serta Jurnalis.

Ketua Panitia Tim R, Aldi Braga mengatakan para peserta nantinya akan dilakukan proses verifikasi, bagi yang lolos akan berlaga di Park Avenue Mall komplek Orchard Batam Center.

Sedangkan untuk final akan dilaksanakan di Batam 1 Hotel Nagoya. (Dum)

About Matanews.id

Check Also

Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di Probolinggo

Matanews.id, Probolinggo – Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi bersama Forkopimda Kabupaten Probolinggo menghadiri Upacara ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: