Home / Mata Metropolitan / Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Festival Minikino Film Week 2022

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Festival Minikino Film Week 2022

Matanews.id, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung penyelenggaraan Minikino Film Week 8, Bali International Short Film Festival 2022, yang menayangkan 247 dari 900 film yang masuk dari 85 negara. Acara akan diselenggarakan dalam pola yang sama dengan yang telah dijalankan selama 7 tahun belakangan, sejak 2015. Seluruh sub-event dilakukan secara serentak dilakukan di berbagai penjuru pulau Bali selama seminggu pada 2-10 September 2022.

Minikino Film Week merupakan satu-satunya festival film pendek internasional di kawasan Asia Tenggara yang telah diakui oleh The Short Film Conference, sebuah badan resmi konferensi film pendek dunia. Keberadaannya menjadi pintu masuk film-film pendek terbaik dunia ke region Asia Tenggara.

“Minikino Film Week telah memberikan kesempatan kepada para sineas dari berbagai negara dunia untuk menampilkan karyanya. Sehingga bisa semakin menggeliatkan industri perfilman di Indonesia dan dunia. Penyelenggaraannya di Bali sejak tahun 2015 telah memberikan diferensiasi bagi sektor wisata di Bali. Pada tahun ini, penyelenggaraan Minikino Film Week 8 akan memberikan kontribusi dalam menggeliatkan sektor wisata Bali, sehingga bisa semakin memulihkan perekonomian Bali pasca pandemi Covid-19. Sekaligus juga menjadi ajang dalam mempromosikan kembali Bali kepada dunia internasional,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran Minikino Film Festival, di Jakarta, Jumat (29/7/22).

Jajaran Minikino Film Festival yang hadir antara lain, Advisory Board Ursula Tumiwa, Organizing Committee Tiana Fadjar Soeharto dan Adriana Ina Ratnasari.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Minikino Film Week 8, Bali International Short Film Festival 2022 merupakan festival tahunan dengan skala Internasional. Diselenggarakan oleh MINIKINO yang telah bekerja selama 20 tahun di bidang ini, berada di bawah badan hukum Indonesia Yayasan Kino Media.

“Melalui ajang ini, film pendek ditempatkan sebagai produk budaya dan karya seni yang merefleksikan nilai-nilai sosial dan budaya. Minikino Film Week secara selektif menghadirkan pencapaian artistik dalam produksi film pendek kontemporer yang memaparkan tren budaya, estetika dan sosial terkini,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, pada tahun 2016 dan 2019 berturut-turut sampai tahun 2022, Minikino Film Week terpilih dari 8.000 festival film di dunia sebagai Top 100 Best Reviewed Film Festival versi film freeway. Pada 2 Februari 2021, Minikino menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai organisasi festival film pendek internasional tertua di Indonesia.

“Minikino Film Week 8 juga membuka pertemuan antar budaya, serta memberi kesempatan peserta dan penonton internasional untuk mengenal kebudayaan masyarakat Bali dengan mengajak mereka masuk ke wilayah pelosok pulau Bali melalui berbagai acara pemutaran film di dalam festival. Wilayah aktivitas Minikino Film Week termasuk di dalamnya adalah kota Denpasar, Badung, Gianyar, Jembrana, Buleleng, Klungkung dan Karangasem,” pungkas Bamsoet. (Wly)

About Matanews.id

Check Also

Kompol M. Agung Darmawan Optimalisasi Penanganan Unjuk Rasa Anarkis

Matanews.id, Jakarta – Agar tak menjadi tumpang tindih kewenangan penanganan aksi unjuk rasa yang berujung ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: